Home » Internet » Cara Backup dan Restore Konfigurasi Mozilla Firefox

Cara Backup dan Restore Konfigurasi Mozilla Firefox

Cara Backup Konfigurasi Mozilla FirefoxJika Anda adalah pengguna browser Mozilla Firefox dan sering mengutak atik browser Anda, baik itu menambah themes, menambah ad-ons, melakukan konfigurasi, melakukan bookmark, dan lain sebagainya, termasuk save password, tentu akan sangat mengesalkan jika suatu ketika komputer atau laptop yang Anda gunakan mengalami gangguna dan mengharuskan Anda untuk menginstal ulang komputer Anda, karena sudah pasti utak-atik yang sudah Anda lakukan pada browser Anda tadi juga akan hilang. Jika Anda tidak ingin utak-atik yang Anda lakukan pada borwser Anda hilang pada saat komputer atau laptop Anda diinstal ulang, mungkin cara backup dan restore konfigurasi Mozilla Firefox berikut ini dapat membantu Anda.

Cara Backup Konfiguras

  • Download software MozBackup disini. Software ini lah yang akan digunakan untuk melakukan backup Firefox Anda. Software ini bersifat portable dan tidak perlu diinstal serta gratis.
  • Setelah didownload, ekstrak dan jalankan MozBackup.exe, namun sebelum menjalankan software ini, pastikan browser Anda tidak sedang berjalan.
  • Setelah dijalankan maka akan muncul jendela Welcome, klik saja [Next >]
  • Setelah itu, maka akan muncul jendela [Operation Type]. Pada bagian [Operation] pilih [Backup a profile] karena tahap awal kita akan melakukan backup. Jika Anda juga memiliki browser Mozilla Firefox yang portable maka akan muncul 2 pilihan pada bagian bawah. Karena kita akan melakukan backup untuk Mozilla Firefox yang tidak portable, pilih profile Mozilla yang diinstallkan pada komouter Anda, kemudian klik [Next >].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (1)

  • Setelah itu akan muncul jendela [Profile Selection]. Untuk profilenya biarkan saja default, sedangkan untuk [save backup to directory] pilih direktori yang Anda inginkan untuk menyimpan file backup nanti. Pada contoh ini filenya saya simpan di direktori D:\. Jika sudah klik [Next >].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (2)

  • Setelah Anda klik [Next >], maka akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin memberikan password pada file backup Anda. Tujuan diberikan password adalah agar tidak sembarang orang bisa menggunakan file backup Anda di komputernya. Karena jika orang tersebut bisa menggunakan file backup Anda yang menyimpan save password Anda, maka akan bisa sangat berbahaya. Maka dari itu klik [Yes].
  • Jika Anda sudah klik [Yes], maka Anda akan diminta untuk memasukkan password sebanyak dua kali. Jika sudah selesai memasukkan password, klik [Ok].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (3)

  • Jendela selanjutnya yang muncul adalah [Components Selection]. Pilihlah komponen apa saja yang ingin Anda backup, namun saran saya pilihlah semua. Setelah selesai klik [Next >]

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (4)

  • Sesaat setelah Anda mengklik [Next >], maka proses backup pun dilakukan.

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (5)

  • Setelah proses backup selesai, maka akan muncul jendela [Report] yang menjelaskan bahwa proses backup sudah selesai dilakukan. Kemudian klik [Finish] sebagai langkah akhir dari proses backup.

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (6)

  • Jika Anda lihat pada direktori dimana tempat Anda menyimpan file backup tadi, maka Anda akan melihat sebuah file yang berekstensi [.pcv].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (7)

Cara Restore Konfigurasi

Kalau backup sudah bisa dikalukan dengan baik, berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan restore konfigiurasi yang tadinya sudah dibackup.

  • Buka lagi MozBackup.exe, maka akan terbuka jendela [Welcome], klik [Next >].
  • Akan muncul jendela [Operation Type], pilih [Restore a profile], kemudian langsung klik [Next >].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (8)

  • Maka muncul jendela [Profile Selection]. Pada [Restore backup from directory] pilihlah dimana file backup tadi disimpan. Karena tadi file backup yang dibuat sudah diberikan password, maka sesaat setelah Anda mengklik [Open], Anda akan langsung dimintai password, masukkan passwordnya, klik [Ok], kemudian klik [Next >]

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (9)

  • Lalu muncul jendela [Components Selection], pilihlah komponen apa saja yang ingin Anda restore. Jika sudah klik [Next >].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (10)

  • Jika muncul peringatan, klik saja [Yes], setelah itu proses restore pun dilakukan beberapa detik saja.
  • Jendela [Report] akan muncul yang menandakan proses restore sudah selesai. Klik saja [Finish].

Cara Backup Konfigurasi Mozilla Firefox (11)

Demikianlah cara backup dan restore konfigurasi Mozilla Firefox, mungkin cara ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah Anda. File backup ini juga bisa Anda gunakan dikomputer lain, misalnya di warnet, dikomputer teman, atau yang lainnya, namun jangan lupa untuk menghapus semua file backup Anda jika sudah selesai digunakan, misalnya menghapus cookie, menghapus history, menghapus save password, dan lain-lain, karena bisa saja jejak Anda tadi akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tulisan ini juga saya tulis di www.teknonesia.com.
Mau copy paste artikel ini? Baca ini dulu ya :D
http://www.adamkurniawan.com/copyright/

About Adam Kurniawan

Saya lahir di sebuah kota di Asahan Sumatera Utara yang bernama Tanjung Balai pada 4 Desember 1990 dan memiliki hobi blogging, menulis, dan senang berbagi ilmu pengetahuan. Merupakan pemilik dan pengurus tunggal blog adamkurniawan.com yang sederhana ini. Buat kawan-kawan yang ingin tahu lebih jauh lagi tentang saya, silahkan klik Selengkapnya >>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[%%LINKS%%]