Cara Merakit Komputer

In Komputer Umum

Cara Merakit KomputerCara merakit komputer bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan seperti yang banyak dikatakan orang-orang. Bahkan, merakit komputer bisa menjadi hal yang menyenangkan, karena bisa dikatakan seperti bermain puzzle. Namun, sebelum kita melakukan perakitan komputer, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu komponen-komponen dari komputer yang akan kita rakit. Berikut ini adalah komponen-komponen yang akan digunakan dalam tutorial cara merakit komputer yang disertai dengan gambar kali ini beserta fungsinya:

1. Motherboard

Cara Merakit Komputer (02)

Motherboard merupakan salah satu komponen komputer yang akan digunakan sebagai tempat dimana kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya misalnya processor, video card, sound card, harddisk, dan lain-lain. Motherboard berguna sebagai pernghubung antara komponen satu dengan komponen yang lainnya agar supaya dapat saling melakukan komunikasi satu sama lain. Masing-masing motherboard mempunyai spesifikasinya sendiri, misalnya processor yang seperti apa yang bisa dipasangkan ke motherboard tersebut serta berapa kapasitas maksimal RAM yang bisa didukung oleh motherboard tersebut.

2. Casing

Cara Merakit Komputer (03)

Casing merupakan salah satu komponen komputer pada cara merakit komputer ini yang yang berfungsi menjadi tempat dimana kita akan meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, harddisk, dan lain-lain. Casing ini berbeda berdasarkan ukurannya yang dikelnal juga dengan form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini memiliki acuan kepada form factor motherboard yang didukungnya. Jika Anda memberli casing, biasanya didalamnya sudah terdapat power supply yang sudah menempel dan siap digunakan

3. Power Supply

Cara Merakit Komputer (04)

Seandainya sebuah mobil yang tidak bisa hidup apabbila tidak mempunyai bahan bakar, maka sebuah komputer juga tidak akan dapat menyala apabila tidak mempunyai power supply atau PSU (Power Supply Unit). Power supply merupakan satu komponen komputer yang memiliki fungsi sebagai pensuplai arus listrik ke komponen-komponen lainnya misalnya saja motherboard, harddisk, optical disk drive, dan lain-lain. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saat ini power supply biasanya disertakan di dalam casing jika kita membeli casing komputer.

4. Processor

Cara Merakit Komputer (05)

Apabila komputer bisa dianggap seorang manusia, maka processor merupakan otak manusia itu sendiri. Processor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan komponen komputer yang memiliki tugas sebagai yang melakukan eksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan matematika. Saran saya pada artikel cara merakit komputer ini adalah jika Anda ingin membeli sebuah processor, maka Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu socket processor seperti apa yang ada pada motherboard Anda, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain. Jika Anda membeli motherboard da processor pada toko yang sama, Anda bisa meminta rekomendasi yang baik dari pemilik toko tersebut, saya yakin mereka pasti akan bisa melayani Anda dengan baik.

5. RAM

Cara Merakit Komputer (06)

RAM merupakan kependekan dari Random Access Memory. RAM adalah komponen komputer yang memiliki tugas untuk menyimpan data secara sementara dari suatu program yang sedang berjalan dimana data-data yang tersimpan tersebut dapat dibaca atau diakses dengan cara acak. Sebelum Anda membeli sebuah RAM Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang ada pada motherboard yang Anda miliki, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lainnya.

6. Video Card

Cara Merakit Komputer (07)

Video card merupakan komponen komputer untuk cara merakit komputer yang memiliki peran yaitu menghasilkan output untuk kemudian ditampilkan pada monitor. Lagi-lagi, sebelum Anda membelanjakan uang Anda untuk membeli video card, Anda mesti mencari tahu slot video card apa yang ada di motherboard yang Anda miliki, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lainnya.

7. Harddisk

Cara Merakit Komputer (08)

Harddisk merupakan komponen komputer yang berguna sebagai tempat kita menyimpan data. Makin besar kapasitas harddisk yang Anda punyai, maka makin banyak pulalah data yang dapat Anda simpan di komputer Anda nantinya. Sebelum Anda berbelanja harddisk, Anda mesti tahu interface harddisk yang bagaimana yang ada pada motherboard yang Anda miliki, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lainnya.

8. Optical Disk Drive

Cara Merakit Komputer (09)

Sebenarnya, tanpa komponen yang satu ini pun Anda sudah bisa mengikuti cara merakit komputer ini dan menjalankan komputer Anda dengan baik. Namun tanpa komponen ini rasanya sangat kurang lengkap komputer kita, karena tidak bisa memutar film, baik dari VCD, DVD, ataupun blueray. Juga jika Anda nanti ingin menginstal sistem operasi pada komputer Anda yang pada umumnya sistem operasi di jual dalam bentuk CD, Anda akan kesusahan karena tidak ada optical disk drive ini, ya walaupun bisa diinstal dengan USB Flash Drive, namun akan dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Jika Anda ingin membeli sebuah optical disk drive, Anda sebaiknya mencari tahu interface seperti apa yang ada di motherboard Anda, apakah IDE, SATA, atau lainnya.

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya.

Selain komponen-komponen diatas pastinya yang harus Anda siapkan juga adalah monitor, keyboard, mouse. Siapkan juga sistem operasi yang akan diinstal pada komputer Anda nantinya, CD Driver dan software-software lainnya yang Anda butuhkan nantinya. Siapkan juga beberapa peralatan seperti obeng, tang, dan pinset. Secara umum langkah-langkah cara merakit komputer adalahsebagai berikut:

1. Menyiapkan dan Mengamati Motherboard.

  • Persiapkan motherboardnya dan amatilah setiap bagiannya dengan teliti. Jika perlu Catatlah posisi komponen yang terdapat padanya supaya lebih paham.

Cara Merakit Komputer (10)

  • Bukalah pengunci socket processornya dengan perlahan dengan cara diangkat ke atas.

Cara Merakit Komputer (11)

2. Pemasangan Processor

  • Ambillah processor dan perhatikalah bahwa processor memiliki tanda di salah satu sudutnya, tanda ini biasanya berupa lekukan, lubang atau tanda panah.
  • Paskanlah tanda tersebut dengan tanda yang terdapat pada socket processor di motherboard Anda.
  • Apabila Anda melakukannya dengan benar pada cara merakit komputer ini, maka processor akan duduk di socketnya dengan baik dan benar, dan biasanya tidak akan bisa digerakkah ke kanan atau ke kiri lagi.
  • Kunci lagi socket processor tersebut, dengan cara menarik tuas kebawah lalu mengaitkan pada pengunci yang sudah disediakan.

Cara Merakit Komputer (12)

3. Memasang Heatsink dan Kipas Pendingin

  • Heatsink biasanya sudah terangkai menjadi satu dengan kipas angin, jadi kita tinggal melakukan pemasangan saja dan untuk melakukannya amat mudah.
  • Namun sebelum melakukan pemasangan, Anda harus memperhatikan posisi kabel daya kipasnya dengan lokasi connector daya yang ada di motherboard. Usahakan jaraknya adalah jarak terpendek dan kabelnya itu jangan sampai bersinggungan dengan kipas.
  • Dalam contoh cara merakit komputer kali ini heatsink yang digunakan adalah heatsink Pentium 4 dengan bentuk bulat dan memiliki 4 buah pengunci di 4 titik disekeliling pendingin yang nantinya akan di tancap ke motherboard.
  • Pasangkan heatsink itu dengan meletakkannya pas berada di atas processor lalu posisikan dengan tepat dudukan pendingin pada motherboard yang sudah disediakan.
  • Untuk menguatkannya kuncilah 4 titik yang ada pada pendingin tersebut menekan dan memutar searah dengan jarum jam dengan memakai obeng plus (+).

Cara Merakit Komputer (13)

4. Memasang RAM/Memori

  • Untuk melakukan pemasangan RAM, pada motherboard, bukalah pengunci slot RAM yang terdapat di kedua sisinya.
  • Lihat dengan seksama bahwa setiap keping memori mempunyai parit di sisi bawahnya. Pada cara merakit komputer kali ini kita memakai Double Data Rate Random Access Memory (DDRAM). Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa terdapat RAM dengan jenis yang lain, namun sekarang ini sulit ditemui di pasaran dengan keadaan yang baru. RAM ini yang biasa dikenal dengan Syncronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM).
  • Posisikan dengan tepat parit atau celah ini dengan slot memori yang ada di motherboard. Jika tidak cocok, maka jangan memaksakannya, karena bisa merusak memori atau slot memori itu sendiri, dan jika sudah rusak Anda harus membeli yang baru.
  • Tekan kedua ujung RAM dengan perlahan namun dengan sedikit tenaga sehingga terdengar bunyi “klik” yang diakibatkan oleh pengunci RAM yang ada di slot RAM tersebut.

Cara Merakit Komputer (14)

5. Menyiapkan Casing

  • Persiapkan casing yang akan dipakai.
  • Letakkan di atas meja, dilantai atau ditempat dimana yang menurut Anda nyaman.
  • Lepaskan sekrup yang terdapat di bagian belakang casing, lalu buka penutup sampingnya dengan perlahan, seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Merakit Komputer (15)

  • Paskkan posisi motherboard dengan dudukan yang terdapat di casing.
  • Agar cara merakit komputer ini lancar sampai akhir, yakinkan kaki-kakinya itu akan menopang motherboard Anda pada bagian yang butuh tekanan yang cukup kuat, seperti socket processor atau slot memory. Jangan sampai lupa pada setiap dudukan motherboard yang memiliki lubang baut mesti diberikan sekrup/baut, supaya kokoh dan tidak goyang.

6. Memasang Motherboard

  • Siapkan sekrup-sekrup yang akan dipakai serta obengnya, lalu pasangkan motherboard Anda dengan benar pada dudukan yang disediakan di casing.
  • Kemudian putar searah dengan jarum jam sekrup-sekrup yang dipakai untuk motherboard tersebut dengan baik dan benar.

Cara Merakit Komputer (16)

7. Menyiapkan Harddisk

  • Siapkan harddisk Anda, lalu lihat bagian jumpernya. Pada jumper ada pilihan Master, Slave atau Cable Select. Keterangan ini bisa Anda jumpai di permukaan harddisk.
  • Pasangkan jumper di posisi yang Anda diinginkan. Bila perlu gunakan pinset guna mencabut atau memasang jumper pada harddisk.
  • Jika cuma ada 1 buah harddisk saja, maka jumper diposisikan sebagai Master.
  • Namun jika ada 2 buah harddisk yang digunakan pada 1 komputer dan keduanya akan digunakan, maka 1 harddisk dijadikan Master sedangkan harddisk lainnya harus diatur di posisi Slave.

8. Memasang Harddisk ke Casing

  • Beberapa casing memakai sistem bracket yang bisa dilepas dengan mudah guna memudahkan untuk pemasangan harddisk.
  • Dalam artikel cara merakit komputer ini saya menyarankan, gunakanlah sekrup yang pas, jangan kebesaran dan kepanjangan karena akan merusak harddisk, lalu pasang sekrup di dudukan harddisk dengan baik dan benar.

Cara Merakit Komputer (17)

9. Menghubungkan Harddisk ke Motherboard

  • Lihatlah bahwa ada dua jenis kabel data IDE, yaitu 40-wire dan 34-wire. Kabel 40-wire dipakai untuk harddisk, sedangkan kabel 34-wire dipakai untuk flopy disk drive (FDD).
  • Instalasi kabel data ini jangan sampai terbalik. Di satu sisi umumnya ada kabel yang berwarna merah yang berarti itu adalah pin nomor 1.
  • Posisi ini juga ada tandanya di harddisk. Wajarnya posisi pin 1 di harddisk (kabel warna merah) ada pas bersebelahan dengan connector daya yang juga berwarna merah.

Cara Merakit Komputer (18)

10. Menyiapkan CD / DVD Drive

  • Sama seperti harddisk, CD / DVD drive juga memiliki jumper yang berfungsi untuk menentukan posisi Master atau Slave. Aturlah jumper pada posisi yang Anda ingin.

12. Memasang CD/DVD Drive

  • Untuk melakukan pemasangan CD/DVD drive umumnya kita perlu melepaskan panel depan casing dulu, namun ini juga tergantung dengan jenis atau model casing yang Anda gunakan.
  • Bukalah penutup drive yang berada di panel depan pada casing.
  • Pasangkan CD/DVD drive dengan baik dan benar sampai tidak goyah, lalu tutup lagi panel depan casing Anda (bila memakai panel depan).

13. Menghubungkan CD/DVD Drive ke Motherboard

  • Untuk memasang kabel data IDE yang berasal dari CD/DVD ke motherboard caranya tidak berbeda dengan harddisk.
  • Pasangkan connector CD/DVD, lalu ujung yang satu lagi menuju ke motherboard, di connector yang ada tulisan CD.
  • Jangan sampai lupa, selalu rapikan kabel-kabel yang ada supaya kabel dalam cara merakit komputer ini tidak saling membelit dan semrawut. Aturlah lintasan serta jalur kabel agar rapi, bila diperlukan ikat dengan rapi agar enak dipandang mata.

14. Menghubungkan Kabel Connector Pada Motherboard

  • Sekarang Anda harus menghubungkan kabel-kabel yang ada di casing ke motherboard.
  • Kabel-kabel yang ada di casing terdiri dari switch daya, indikator daya, indikator harddisk, tombol reset serta speaker, seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
  • Untuk casing dengan model tertenu yang tersedia panel depan, contohnya universal serial bus (USB), maka kabel-kabelnya juga mesti dikoneksikan ke motherboard supaya bisa berfungsi dengan normal.

Cara Merakit Komputer (19)

15. Menghubungkan Kabel Daya

  • Jika suda terpasang semua, kemudian langkah berikutnya cara merakit komputer yaitu mengkoneksikan kabel daya dari catu daya (power supply) ke motherboard, harddisk, dan CD/DVD ROM.
  • Untuk motherboard Pentium 4, paling sedikit ada 2 connector daya yang mesti dipasang, seperti gambar berikut ini.

Cara Merakit Komputer (20)

Cara Merakit Komputer (21)

  • lalu koneksikanlah juga kabel daya ke hardisk dan CD/DVD ROM. Bila casing Anda memakai kipas untuk pendinginan, hubungkanlah kipas tersebut ke catu daya atau ke motherboard, sesuai dengan connector yang disediakan agar bisa berfungsi.

Cara Merakit Komputer (22)

16. Siapkan Komponen-komponen Bagian Luar

  • Apabila komponen-komponen pada cara merakit komputer yang ada di bagian dalam sudah selesai, selanjutnya adalah komponen-komponen yang ada pada bagian luar, seperti misalnya colokan monitor, colokan keyboard, colokan mouse dan speaker.

Cara Merakit Komputer (23)

  • Untuk komponen-komponen bagian luar ini, kita hanya melakukan penyambungan kabel-kabelnya saja di terminal yang telah ditentukan, misalnya keyboard, mouse, speaker dan lain-lainnya.
  • Ingat dan jangan sampai lupa kabel-kabel daya, baik untuk bagian casing maupun monitor.

17. Memeriksa Catu Daya

  • Telitilah dengan seksama pada catu daya (power supply) yang Anda pakai. Tegangan normal yaitu 220 – 230 Volt. jika terdapat switch, pindahkanlah switch ke sumber tegangan yang memang sesuai.

Cara Merakit Komputer (24)

  • Beberapa catu daya sudah memiliki pemindahan tegangan (switch) antara 110 atau 220 Volt.

18. Komputer Anda Sudah Siap Digunakan

  • Sampai langkah ini komputer Anda sudah siap untuk digunakan dan diinstal sistem operasi.
  • Nyalakan komputer Anda dengam menekan tombol power yang ada, namun sebelumnya berdoa terlebih dahulu, agar tidak ada kendala.
  • Jika tidak ada kesalahan, maka komputer rakitan Anda akan menyala.
  • Jika tidak mau menyala, coba periksa kembali kabel dayanya.

19. Menginstal Sistem Operasi

  • Jika sudah menyala dengan normal, installah sistem operasi yang Anda inginkan agar komputer Anda bisa langsung Anda gunakan.
  • Install juga software-software yang Anda inginkan

Demikianlah artikel cara merakit komputer ini ini saya buat. Jika ada yang salah mohon dikoreksi karena saya juga manusia yang tidak luput dari salah. Saya ucapkan terima kasih karena sudah mau berkunjung ke blog saya. Tinggalkanlah komentar Anda baik dalam bentuk, saran, kiritk,  atau ucapan terima kasih sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras saya membuat artikel ini. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke artikel cara merakit komputer.

Mau copy paste? Baca ini dulu ya :D
http://www.adamkurniawan.com/copyright

Salam
Adam Kurniawan

author
Saya lahir di sebuah kota di Asahan Sumatera Utara yang bernama Tanjung Balai pada 4 Desember 1990 dan memiliki hobi blogging, menulis, dan senang berbagi ilmu pengetahuan. Merupakan pemilik dan pengurus tunggal blog adamkurniawan.com yang sederhana ini. Buat kawan-kawan yang ingin tahu lebih jauh lagi tentang saya, silahkan klik Selengkapnya >>
  1. author

    DIAN KARTIKA SARI2 years ago

    TOP BANGEET BUAT PEMBELAJARAN SAYA SANGAT LAH PENTING
    TERIMA KASIH BANYAK

    Reply
  2. author

    sarah woo tekh2 years ago

    Bagaimana dengan pemasangan pasta diatas processor sebelum memasang Heatsink dan Kipas Pendinginnya?
    Makasih Sebelumnya…

    Reply
  3. author

    rudi na702 years ago

    intalasinya software-a kok gak da gan, sekalian aja kenapa.!!!. bleh donk

    Reply
  4. author

    Najla2 years ago

    makasih buat tutornya.. bisa deh sekarang merakit komputer sendiri.. makasih.. :)

    Reply
  5. author

    hadrian2 years ago

    bos anemau coba kira” menbort seperti apa yg hars sy gunakan utk i5,dan dgn ddr 3 sampai 4g tau 6g
    trus kira” jika ane merakit i5 habis brp ya gan nominal uangnya.tks tolong di bls gan

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Untuk core i5, mungkin bisa gunakan mainboard ASUS Maximus IV GENE-Z/Gen3. Untuk perakitannya sendiri mngkin menghabisakan dana sekitar 5-6 jutaan..

      Reply
  6. author

    dede2 years ago

    saya ingin merakit komputer untuk toko saya dgn prosesor core i7,tp rencana e it 1CPU untuk beberapa LCD,tolong bimbingan nya,

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Anda bisa menggunakan produk spesial untuk kasus ini yaitu NCOMPUTING. Cek disini: http://www.bhinneka.com/brands/ncomputing.aspx

      Reply
      • author

        dede2 years ago

        Tapi mas?seandai nya saya menggunakan Ncomputing apa ndk berpengaruh pada kinerja CPU nya kl seandai nya monitor nya ada 5 dan semua nya bekerja besamaan?

        Reply
        • author

          dede2 years ago

          Selain it Ncomputing kan hanya bisa mewakili 1 LCD,kl LCD saya 5 masa saya harus beli Ncomputing 5 buah,kan mahal mas,?ada solusi untuk ngakali ini ndk mas?

          Reply
          • author
            Author

            Adam Kurniawan2 years ago

            Bukan mas, N-Computing itu digunakan agar 1 CPU bisa digunakan untuk banyak monitor yang dimana masing-masing monitor memiliki aktifitas sendiri-sendiri. Jadi kalau ada 5 monitor maka akan ada 5 keyboard dan 5 mouse. N-Computing ini implementasinya pernah saya lihat di KFC mas. Jadi, CPU-nya itu cuma 1, namun monitor, keyboard dan mousenya banyak. Semoga membantu mas :)

        • author
          Author

          Adam Kurniawan2 years ago

          Ya pastinya berpengaruh mas, karena kan ada 5 monitor dan masing-masing monitor digunakan oleh user yang berbeda pastinya akan lebih banyak aktifitas yang akan dikerjakan oleh si CPU yang cuma 1 biji.

          Reply
  7. author

    Toko Komputer Jogja2 years ago

    Nice info mas. ada tutorial untuk yang AMD gak ? di post dong. . . kalo bisa yang seri terbaru :D saya punya rencana buat rakit komputer baru spekan AMD nih.

    Reply
  8. author

    tips komputer2 years ago

    Wah itu harganya semua berapa ya? totalnya kira-kira bisa sampe 8 juta nggak? tolong dijawab, makasih

    Reply
  9. author

    asepgilar2 years ago

    trm ksh, tambah ilmu setelah membaca artikel ini,good luck

    Reply
  10. author

    dede2 years ago

    Ok deh mas besok saya coba nya hehehehe,oh iya mas saya mau minta tolong lg hehehe maklum pengalaman saya dangkal,tolong buat e daftar komponen2 untuk merangkai komputer dgn prosesor i7 sehingga antara komponen nya saling mensupport.kan it bakal ada sekitar 5 monitor,agar tidak lemot it bagaimana,tolong buat kan daftar nya mas agar waktu saya belanja ndk bingung.Ini saya merangkai dr awal mas.jd tolong pilih e komponen nya mulai dr power suplay,mainboard,hardisk,RAM,CD room, poko e semua nya mas,pilih e yg terbaik ,hehehehe maaf lho mas merepot kan, soal e saya bingung mau minta tolong sama siapa lg. trimakasih sebelum e lho mas.

    Reply
  11. author

    doney2 years ago

    artikel yang mantap gan sangat bermantaaf nih, ane mw ty gan cara memperbaiki bad sector gman ya?

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Saya sendiri belum pernah memperbaiki bad sector. Namun sobat bisa mencari caranya lewat Google, barusan saya masukkan kata kunci “cara mempperbaiki bad sector” dan ada sangat banyak blog yang memberitahukan tentang bagaimana cara memperbaiki bad sector. Semoga membantu sob.

      Reply
  12. author

    Talitha2 years ago

    Om minta copy ya artikelnya untuk tugas sekolah, hehe. Saya cantumin web address punya om kok. :D Thanks!!

    Reply
  13. author

    rohman2 years ago

    gan, saya mau mengganti PSU bawaan dg PSU pure, Apakah Lubang” bautnya itu sama, atau harus ganti casing juga?

    Reply
  14. author

    vicky coolz II2 years ago

    mau tanya ni bagaimana kalau cpu tidak hidup apa masalahnya klo tau komen…

    Reply
  15. author

    slamer haryadi2 years ago

    gan klo komputer lemooot banget di instal ulang udh tapi lemoot dan sering restart kenapa ya gan..?

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Kemungkinan ada hardware yang sudah mulai menurun kinerjanya sob, bisa jadi processor ataupun RAM nya. Coba diupgrade atau diganti sekalian.

      Reply
  16. author

    Ale2 years ago

    Mas, mo nanya, low mo rakit Pc dgn i3 + hdd 260gb + ram 2gb, butuh biaya brapa gan, ane mo rakit pc, so lebih muraan dri pd bli dtoko soal.x, and kinerja rakitan biasa.x lbi bagusan dri pada d toko!
    Please gan!

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Waduh kurang tau saya sob, coba cek harga-harga di bhinneka.com, kalau sudah tahu sparepartnya, ntar bakalan tau tuh kira-kira berapa harganya.

      Reply
  17. author

    cahyo2 years ago

    mas, ada hubungannya pa tidak antara komponen 1 dengan yang lainnya, misalnya kalau processornya core i3 motherboardnya harus apa gitu, atau yang lain tentang VGA dll. mohon pencerahannya mas…
    terimakasih..

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Ada sob, biasanya kalau beli motherboard bakalan ada tuh apa-apa aja yang bisa disupport oleh motherboard tersebut.

      Reply
      • author

        cahyo2 years ago

        ak kn px motherboard lma dlu, bt pentium 3, klau d kash VGA 1 Gb bsa pa tdk mas ? atu d kash processor yg core i 3 ?

        Reply
        • author
          Author

          Adam Kurniawan2 years ago

          Motherboardnya seri apa sob? coba dicek dulu dengan begitu kita bisa mengetahui motherboard sobat support atau tidak dengan processor dan vga yang sobat sebutkan. Thanks.

          Reply
  18. author

    wahyu2 years ago

    wah boleh di coba ni …

    Reply
  19. author

    Pulau Tidung2 years ago

    terimaksih untuk infonya sangat detaile sekali penjelasan tentang postinganya sangat membantu saya dalam memasang komputer saya sangat puas dengan postinganya terimaksih untuk infomainya

    Reply
  20. author

    Dody2 years ago

    Hi Mas,
    Saya mau nambah internal hardisc utk main game, cocoknya yg speed brapa yah ( utk flt simulator ) ? Rpm 7200 cukup ga ? Trimss

    Reply
  21. author

    yulansi2 years ago

    Terima kasih atas infonya

    Reply
  22. author

    resinovianti smkn1 intan2 years ago

    terima kasih atas info nya.

    Reply
  23. author

    Nico andreas2 years ago

    Gan tolong di kasih tau dong cara memasang kabel-kabel Dari casing
    Seprti power sw,USB dll
    Makasih gan sebelumnya

    Reply
  24. author

    Alfans2 years ago

    mas mau tnya klu ad kslahan pemasangan pada kabel bisa menyebabkan kerusakan gk dan itu pemasangan grafik card gk d jlasin ?

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Bisa terjadi mas, makanya baca betul-betul manualnya. Kebetulan grafik card tidak ada mas, karena komputer yang dirakit ini tidak menggunakan grafik card externel.

      Reply
  25. author

    dreadord2 years ago

    numpang copas gan buat tugas sekolah……

    Reply
  26. author

    fathul khaer2 years ago

    luar biasa apa yang telah di tulis dalam artikel,, benar-benar menambah pengetahuan dan menambah inshirasi kepada pembaca,, terima kasih,,,

    Reply
  27. author

    A.mughofal Zalilah2 years ago

    Terima kasih banged….ini sangat bermanfaat.salam kenal dari kami & jangan lupa main ke website kami di nurul-ilmi.com

    Reply
  28. author

    Bikin Resep Masakan2 years ago

    MAntab banget tipsnya,, langsung deh berangkat ngrakit sendiri..

    Reply
  29. author

    mudi2 years ago

    met pagi mas..sangat berguna sekali nih buat saya yang gaptek.saya akan belajar terus melalui ulasan2 dari mas,.tolong di tambah lagi ya mas …dengan topik yg lain nya ,terus sekalian cara install nya.terima kasih semoga dalam lindungan Y.M.E.

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      InsyaAllah akan saya tambah terus sob termasuk cara instalasinya. Terima kasih sudah berkunjung sob.. :)

      Reply
  30. author

    indra elfarisi2 years ago

    gan numpang tanya ya gan, kalo semua dah dirakit tapi pas di bios hdd ga ke detect. solusinya gmn gan ? kalo ane lanjutin untuk booting trs muncul : boot pailur insert system disk and press enter. ane nyoba2 ngerakit pentium 3 bekas upgrade.

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Kemungkinan kesalahan dalam pemasangan kabelnya sob. Coba dicek pemasangan kabelnya.

      Reply
  31. author

    galih n gumilar2 years ago

    mantap dah .. tutornya ikut copyin buat di bikin makalah ya

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Masih standar saja kok sob. Silahkan dibuat menjadi makalah, semoga bermanfaat :)

      Reply
  32. author

    muhammad ilham2 years ago

    Mas motherboard yang cocok untuk AMD A10 apa ya ? :D

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Kurang paham sob, gak pernah pakai AMD hehehe. Coba cek ke Bhinneka.com :D

      Reply
  33. author

    yusuf2 years ago

    permisi mas mau tanya, saya punya HP compaq nc6000 sering kali mati-mati sendiri, kadang 2 menit langsung mati, kira2 masalahnya apa itu mas? tank’s..

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Kemungkinan kipas sudah tidak berfungsi maksimal sehingga tidak cukup untuk mendinginkan processor, processorpun kepanasan dan akhirnya mati sendiri.

      Reply
  34. author

    Iqbal Gafar2 years ago

    Mas Saya Mau nanya Klo Baut Ama Kabel Nya Beli Ya Mas . Apa Sudah Ada Waktu Beli Perlengkapanya

    Thx sebelumnya :D

    Reply
  35. author

    adi2 years ago

    jazakumullohu khoir ya mas..

    artikelnya bagus,mg2 jdi ilmu yg manfaat.

    Reply
  36. author

    ade marsudi2 years ago

    mas gan pgn tanya nie , komputer saya pentium4 CPU 1.70 Ghz SDRAM nya pake 3 buah 128 mb 2 buah dan 512 mb 1 buah , kira2 itu bisa di naik in lgi gak kapasitas ram jadi 1 giga kalo lebih, kalo bisa pake yg berapa. thanks

    Reply
  37. author

    Cara Merakit Komputer2 years ago

    thanks gan infonya, tp ada videonya ga biar lebih lengkap tutorialnya.

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Kagak ada videonya gan. Mungkin agan bisa lihat do youtube gan :)
      Thanks sudah mampir gan :)

      Reply
  38. author

    adam2 years ago

    mksih artikelnya sgt berguna buat saya yg baru blajr………

    Reply
  39. author

    Muchammad Bahrul Huda2 years ago

    Assalaamu’alaikum.wr.wb…,Terima kasih !

    Reply
  40. author

    josephine2 years ago

    Bagus banget artikelnya…minta ijin copas buat belajar yaa….tks u

    Reply
  41. author

    Obat Kelenjar Getah Bening2 years ago

    mantap gan panduannya detail sekali paling repot untuk pemula itu pasang kabel panel he he

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Thanks sob kunjungannya, senang bisa membuat yang bermanfaat buat orang lain :)

      Reply
  42. author

    amsal alexander fernando sihombing2 years ago

    mantab dehhhhh…… bisa tmbah pintar klo baca ini

    Reply
  43. author

    Jois danie2 years ago

    Makasih mas atas infonya..
    Tadinya ane kagak ngerti babar blas n agak ragu alias kurang yakin utk ngrakit pc..tp sekarang udah mantep,dan siap ngrakit pc2 bekas yang ada di gudang kantor.
    Oh iya gan,,,,
    pada pemasangan prosessor dan kipas kalo gak di kasih gel pengaruhnya apa gan,dan contoh gel yang dipake itu gel/pasta apaan?

    .
    Makasih ya gan..

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan2 years ago

      Sama-sama gan, seneng bisa bantu :D Iya saya lupa menyertakan proses pemberian pasta. Pasta itu fungsinya untuk mendinginkan prosesor gan, gak terlalu mendinginkan banget sih, cuma bisala mengurangi panasnya prosesor. Pasta yang spesial untuk prosesor gan, agan tanya aja di toko-toko komputer, biasanya ada kok :)

      Reply
  44. author

    Risma2 years ago

    Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses…
    langsung mencoba saja.

    Reply
  45. author

    tarmin2 years ago

    gan mau tnya nih…kl prosesor udh 2’4 g. ram 512mb. tp knp buat internetan msh lemot jg ya? pc sy msh pentium 4. mohon pencerahannya gan…sblmnya sy ucapkan bnyk trima kasih…..

    Reply
  46. author

    abel2 years ago

    gan klw ganti pin socket procesor brp?

    Reply
  47. author

    gunjam2 years ago

    makasih mas, lagi butuh referensi nih

    Reply
  48. author

    Luthfi2 years ago

    sipp buat saranya

    Reply
  49. author

    Andry2 years ago

    Gan !! Minta copas ya buat tugas di skolah ya gan !!

    Reply
  50. author

    ismansyah1 year ago

    salam kenel selalau,bas adam saya mau membuat computer bagaimana cara yang terbaik membuat computer.terima kasih mas adam.

    Reply
    • author
      Author

      Adam Kurniawan1 year ago

      Salam kenal mas… Maksudnya mau merakit ya mas? bisa dilakukan dengan cara yang saya tulis mas, tapi perangkatnya dibeli dulu ya, hehehehe…

      Reply
  51. author

    comex DATAbase1 year ago

    mas adam ,,artikelnya izin copas ya,,,buat simpenan ilmu

    Reply
  52. author

    ined12 months ago

    jadi tambah nih ilmunya, makasih sob

    Reply
  53. author

    gia8 months ago

    terima kasi mas. atas saran nya…. benar2 benman faan….

    Reply

Leave a reply "Cara Merakit Komputer"

Must read×

Top