Menggabungkan Koneksi Internet Dengan Connectify Dispatch (Load Balancing)

Menggabungkan Koneksi Internet Dengan Connectify Dispatch (Load Balancing)Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia koneksi Internet masih tergolong lambat dan mahal, kalaupun ada yang cepat dan murah, pasti tidak stabil, kadang lambat, kadang cepat. Saya sendiri menggunakan modem AHA yang menurut saya koneksi untuk download terbilang normal, alias tidak lambat dan tidak cepat (40 – 70 KBps). Namun kalau untuk upload koneksi internet AHA bisa mencapai 1 Mbps (120 – 128 KBps). Karena kecepatan download modem AHA tidak membuat saya puas, akhirnya saya putuskan untuk membeli 1 buah modem GSM yang bisa untuk semua kartu alias unlock. Dari beberapa kartu yang saya coba, XL, Telkomsel, dan 3, pilihan saya jatuh kepada 3.

Di daerah saya 3 terbilang cepat kalau untuk download, bisa mencapai 150 KBps kalau siang sedangkan kalau malam bisa mencapai 500 KBps. Namun, kebalikan dari AHA, 3 jika digunakan untuk upload sangat sangat tidak bisa diandalkan, karena kecepatan upload yang dihasilkan hanya berkisar 10 KBps. Cara menggabungkan koneksi internet.

Karena masalah di atas, saya sempat punya pemikiran bagaimana kalau untuk download saya pasang modem GSM saya dengan menggunakan kartu 3, dan untuk upload saya mengganti dengan modem AHA. Namun, saya pikirkan ulang dan menurut saya hal tersebut akan membuat saya kerepotan sendiri nantinya. Setelah memutar otak, akhirnya saya punya ide untuk menggabungkan koneksi internet saya dari 2 modem tersebut atau yang biasa disebut dengan load balancing.

Mulailah saya jalan-jalan di Google untuk mencari cara informasi bagaimana cara menggabungkan koneksi internet dari lebih dari 1 modem. Banyak cara yang saya temukan untuk melakukan hal tersebut, namun kebanyakan dari cara yang saya lihat menggunakan cara yang cukup merepotkan. Namun, setelah beberapa kali melakukan pencarian, akhirnya saya menemukan cara yang cukup meyakinkan dan setingnya juga tidak terlalu sulit.  Cara yang saya temukan tersebut adalah dari sebuah forum online dimana software yang digunakan adalah Connectify Dispatch. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Sebelum menggabungkan koneksi internet saya ingin melihat berapa kecepatan koneksi saya sebelum digabungkan. Berikut hasilnya menggunakan modem AHA.

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (1)

  • Saya anggap Anda sudah menginstal software dialer bawaan dari masing-masing modem yang akan Anda gabungkan koneksinya. Untuk modem GSM saya, dialernya adalah Mobile Partner, sedankgan modem AHA saya, dialernya adalah dialer bawaan modem AHA.
  • Jika sudah diinstall, dikonfigurasi dan sudah bisa terkoneksi ke internet untuk masing-masing modem lanjut ke langkah berikutnya.
  • Download software Connectify Dispatch dari link INI. (pass: adamkurniawan.com)
  • Software Connectify Dispatch ini saya coba di Windows 7, sedangkan untuk Windows XP dan Vista sepertinya tidak support. Ada Connectify Dispatch khusus untuk Windows XP dan Vista. Bisa Anda cek di sini: [http://www.connectify.me/dispatch-4-2-xp-vista]. Namun saya tidak tahu persis apakah crack-nya sama atau tidak. Silahkan Anda coba sendiri.
  • Setelah di download kemudian extract.
  • Matikan koneksi internet Anda, jangan lupa tutup software dialer modemnya.
  • Jika sebelumnya Anda sudah pernah menginstal software Connectify, uninstall terlebih dahulu Connectify yang ada di komputer Anda, kemudian restart. Agar proses uninstall benar-benar bersih pastikan folder instalasi Connectify sudah tidak ada di C:\Program Files. Lalu lakukan pembersihan di registry menggunakan software pembersih registry, saya menggunakan Eusing Free Registry Cleaner yang bisa Anda download dari SINI.
  • Setelah itu, masuklah ke direktori [C:\WINDOWS\system32\drivers\etc]. Anda akan melihat file yang bernama [hosts]. Edit file host tersebut dengan Notepad, caranya adalah buka Notepad Anda, lalu drag file host ini ke dalam lembar Notepad Anda.
  • Di akhir baris tambahkan perintah berikut ini: [127.0.0.1 updates.connectify.me], kemudian [Save].

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (2)

  • Untuk menghindari kegagalan dalam instalasi dalam cara menggabungkan koneksi internet ini, sebaiknya matikan dulu Firewall Anda.
  • Buka folder yang sudah Anda exctract tadi, kemudian install Connectify Dispatchnya dengan melakukan double klik pada [Connectify Dispatch Installer]. Jika Anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8, Run sebagai Administrator.
  • Install sampai selesai, Jika sudah selesai dan ada pilihan restart atau tidak, JANGAN DI RESTART DULU, langsung tutup saja.
  • Buka file yang sudah Anda extract tadi dan masuk ke dalam folder [Crack]. Copy-lah file [Connectify], dan paste-kan ke dalam direktori [C:\Program Files\Connectify] (jika Anda menggunakan Windows 32-bit) atau [C:\Program Files (x86)\Connectify] (jika Anda menggunakan Windows 64-bit). Jika ada peringatan, timpah saja dengan memilih [Copy and Replace].

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (3)

  • Kembali lagi ke file yang sudah Anda exctract tadi, masuk ke folder [Crack] kemudian masuk lagi ke folder [plugins]. Copy file [Dispatch.dll] ke dalam direktori [C:\Program Files\Connectify\plugins\dispatch]. Jika ada peringatan timpah saja dengan memilih [Copy and Replace].
  • Setelah itu restart komputer Anda.
  • Pada saat komputer Anda menyala kembali Connectify Dispatch akan langsung berjalan.
  • Colokkan semua modem yang ingin digabungkan koneksinya. Dalam contoh ini, saya colokkan modem GSM saya yang menggunakan karut 3 dan modem AHA saya.
  • Kemudian konek-kan modem Anda baik melalui software dialer maupun dari dialer Windows. Pada contoh ini, saya menggunakan dialer Windows, karena kebetulan software dialer modem GSM saya sejenis dengan software dialer modem AHA saya, jadi jika menggunakan software dialer bawaan modem, bisa terjadi konflik, sehingga mengakibatkan hanya satu modem saja yang bisa terkoneksi.
  • Klik pada tray icon jaringan yang ada di sudut kanan bawah dengan jam dan tanggal.
  • Konek-kan satu persatu dial-up yang akan Anda gunakan. Pada contoh ini [3] untuk modem GSM dan [CDMA] unutk modem AHA.

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (4)

  • Pada saat saya meng-konek-kan modem GSM saya, ada muncul seperti ini:

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (5)

  • Klik saja langsung [Dial]. Namun pada saat meng-konek-kan modem AHA saya tidak muncul apa-apa, alias langsung terkoneksi. Jadi setia modem ada yang berbeda dan ada yang sama.
  • Jika kedua modem sudah terkoneksi, maka akan terlihat seperti berikut ini.

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (6)

  • Selanjutnya, untuk menggabungkan konesi internet ini, barulah kita masuk ke setingan Connectify Dispatch-nya. Klik tray icon Connectify Dispatch. Maka akan muncul jendela seperti ini:

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (7)

  • Ada 2 buah adapter yang sudah memilki IP Address, yaitu 2 modem yang sebelumnya sudah kita koneksikan tadi. Kedua adapter ini statusnya masih [NEVER] yang berarti koneksi belum tergabung.
  • Untuk kedua adapter ubah [NEVER] menjadi [PRIMARY]. Jadi ubah status adapter yang ingin koneksinya digabungkan ke [PRIMARY] sedangkan yang koneksinya tidak akan digabungkan ubah menjadi [NEVER].

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (8)

  • Dan langkah terakhir adalah klik [START DISPATCH].
  • Sekarang silahkan tes koneksi Anda, bagaiman kecepatan yang Anda dapat? Apakah cara menggabungkan koneksi internet ini memberikan efek bagi kecepatan inernet Anda?
  • Berikut kecepatan yang saya dapatkan setelah menggabungkan koneksi.

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (9)

  • Lalu saya ingin menambah koneksi saya lagi agar lebih cepat. Dimana koneksi yang akan saya tambahkan adalah dari WiFi yang didapat dari tethring ponsel saya.
  • Stop terlebih dahulu Connectify Dispatch-nya.
  • Lalu, koneksikan WiFi laptop ke jaringan yang dihasilkan oleh ponsel tadi. Jika sudah terkoneksi, maka akan ada 3 koneksi yang sedang aktif saat ini.

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (10)

  • Lalu buka kembali setingan Connectify Dispatchnya, maka akan ada 3 adapter sekarang yang memiliki 3 IP Address. Dimana yang ketiga adalah adapter dari WiFi laptop.
  • Pada adapter WiFi, ubah [NEVER] menjadi [PRIMARY].

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (11)

  • Lalu klik [START DISPATCH].
  • Maka kecepatan yang didapatkan akan lebih besar lagi. Untuk contoh ini terlihat pada gambar di bawah:

Menggabungkan Koneksi Internet (Load Balancing) (12)

Connectify Dispatch ini bisa digunakan untuk berbagai macam koneksi termasuk, 3G, 4G, ethernet, maupun WiFi. Selain bisa menggabungkan koneksi, software ini juga akan bertindak sebagai Fail Over, dimana jika salah satu atau lebih sumber mati, dan hanya ada satu sumber yang masih berjalan, maka koneksi akan tetap ada, namun tidak secepat saat semua sumber aktif.

Software ini sebenarnya adalah software berbayar yang harganya terbilang cukup mahal. Jika beli untuk lisensi sumur hidup harganya adalah $45 namun jika membeli lisensi per 3 bulan maka harganya $12, jadi setiap 3 bulan Anda akan dikenakan biaya $12. Fitur pada versi sebelumnya, yaitu share koneksi juga sudah ada di versi Dipatch ini, jadi selain bisa menggabungkan koneksi internet, Anda juga bisa membagikannya kepada teman-teman Anda.

Berikut ini video demo menggabungkan koneksi internet yang dibuat oleh tim Connectify.me untuk penggunaan Connectify Dispatch. Mereka menggunakan sebanyak 7 modem USB dan 1 buah koneksi tethring yang pada akhirnya menghasilkan 65Mbps atau setara dengan 8320 KBps atau setara dengan 8,125MBps, GILA!!!. Yah wajar saja, selain disana memang koneksi internet cepat, koneksi yang digabungkan juga sangat banyak. Simak videonya:

Sekian informasi yang bisa saya berikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Mohon maaf atas kesalahan dan terima kasih. Mohon kritik dan sarannya ya kawan-kawan.

Untuk informasi yang lebih lengkap silahkan Anda kunjungi link berikut ini: http://www.connectify.me/dispatch.

Mau copy paste artikel ini? Baca ini dulu ya http://www.adamkurniawan.com/copyright/

Kata kunci:

29 Responses to “ “Menggabungkan Koneksi Internet Dengan Connectify Dispatch (Load Balancing)”

  1. imam says:

    wahh keren agh experimennya..mantap ini bg adam…

  2. woi… ajarin aku…

    aku gak berhasil2 :D

  3. endar says:

    gan file connectify ny gda d crack,, ad ny cma “dispatch.dll” aj… td pas di exstrak jg smpet eror.. tp pswod ny bner ko.. ap corupt ya?

  4. jonathan says:

    mas kok pas show dispatch,, yg muncul internet explorer???
    jd bingung..

  5. wox says:

    halo gan, kalo boleh tanya, tentang speed upload AHA yang kata agan 120 – 128 KBps (kilo bytes per second) itu speed normal AHA sebelum kena FUP atau setelah FUP gan ? dan kalo boleh tau paket AHA mana yang agan ambil ?

    terima kasih bgt gan sebelumnya soalnya ane dari tadi pagi browsing2 cari koneksi internet yang speed upload-nya kenceng

    • Halo gan… AHA semua paketnya pakai quota dan gak ada istilah FUP. Jadi, kalau usernya sering make koneksi yang memakan banyak quota, misalnya download, ya cepat habisnya gan, dan kalau quota sudah habis ya koneksi mati gan. Ane pake paket yang 7GB sebulan (100rb). Uploadnya AHA kencang gan, gak nyesel deh kalau milih AHA buat upload-upload. Semoga membantu gan.

  6. ananda says:

    wahh bermanfaat mas…thengs., kalau bsa slalu lanjut ini website mas.. amin

  7. ris says:

    tampilan conectify dispact saya kok beda dengan tampilan diatas mas. yang muncul hanya virtual hotspot saja. nggak ada start dispatch nya

  8. embeh says:

    gan kalau connectify di gunain buat koneksi database bisa ga???

    ane lg praktek bikin program J2me dengan database mysql yang ada di server ( laptop ), bisa ga yah???

    mohon pencerahan…..

  9. Anonymous says:

    KEREN GAN WORK!!!!!!
    ane kan make esia MAX-D download speed dari sekitar 120 KB/s setelah digabung jadi 400++KB/s
    ane make 3 modem(esia MAX-D,smartfren,3)

  10. Tengkyu mas brow tak cobanya kebetulan IM2 ditempat saya sekarang signalnya byar – pet 3G, barang kali dengan cara ini bisa tertolong

  11. zain budi says:

    cara mengembalikan modem yang telah di rangkap kaya’ gitu gimana gan

  12. Nanang says:

    Gan kalo modem cdma dan gsm di gabungin bisa apa kagak..?

  13. tukang becak says:

    manteb mas….matur nuwun

  14. fian says:

    KO GW KGA NGARUH BANG..GITU2 AJH SPEED.Y SAAT DOWNLOAD MODEM+WIFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>